Renew! Kartun-Kartun Jadul

08:44:00

Masih ingatkah kalian? Pulang sekolah sore-sore ada Sailor Moon, Azuki Bunny, Wedding Peach. Atau yang lebih ke sini lagi ada Minki Momo, Creamy Mami, dll. Atau waktu maghrib bukannya siap-siap belajar tapi malah mantengin tivi untuk nonton Tsubasa, Slam Dunk, atau yang nguras air mata kayak Honey Bee Hutch (atau yang lebih dikenal dengan nama Hatchi). Setiap Minggu bangun pagi, belom mandi udah siap di depan televisi untuk nungguin rentetan kartun dari Lets and Go, Chibi Maruko Chan, P-Man atau Kobo Chan, Doraemon, Shinchan, dan seterusnya sampe agak siang nunggu dimarahin Ibu di rumah baru deh mandi hahaha... Apakah kalian merasakan itu juga? Sungguh jadi anak 90-an itu menyenangkan banget.

Sebelumnya gw udah pos tulisan ini. Kali ini gw mau memperkece tulisan tentang kartun kesayangan kita-kita dulu. Inilah dia kartun-kartun yang akrab jadi tontonan kita sewaktu kecil. Cekidot!


1. The Flinstones


Untuk film ini sebenernya gw agak lupa. Karakter utama kartun ini adalah keluarga Flinstones, yang terdiri dari Fred Flinstone, Wilma, Pebbles, Dino, Baby Puss, Barney Rubble, Betty Rubble, dan yang lainnya. Cerita di kartun ini berfokus pada kehidupannya Stone-Age man (yaitu si Fred), keluarga, dan teman-temannya di zaman batu gitu. Ternyata aslinya, di Amerika sana film animasinya diputar dari September 1960 sampe April 1966, tua juga ya :o



2. The Wild Thornberrys


mediamedusa.com

Masih ingat dengan keluarga unik ini?Yap! Film ini bercerita tentang keluarga Thornberry yang gak mainstream kayak kita yang menetap aja di satu wilayah. Mereka itu nomaden, kerjaannya menjelajah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan modal bus keluarga yang interiornya disulap kayak rumah, di mana ada kasur, dapur, dll. Keluarga ini terdiri dari Eliza Thornberry (anak berkacamata, berbehel dan kepang dua), temen akrabnya Eliza yaitu Darwin (seekor simpanse), kakaknya Eliza namanya Debbie yang mata kanannya ketutup rambut terus (entah kapan dia bakal potong rambut haha), anak liar kaya tarzan junior gitu (dinamain Donnie Thornberry. belakangan gw baru tau kalo si Donnie ini diadopsi, dan awalnya dia itu dirawat sama orangutan di Kalimantan sana huwoo), dan nama orang tuanya Eliza yaitu Nigel dan Marianne Thornberry. Cerita di kartun ini setiap harinya adalah tentang petualangan dan pengalaman mereka di alam liar sembari berkelana keliling dunia~~ Asik ya kayaknya.



3. Honey Bee Hutch (Hatchi)

Mama... Mama... Di manakah kau berada?
Mama... Mama... Aku ingin bertemu

Kalo sekarang sih isinya bukan lagi begini kali ya, tapi
Mama.... Mama... Mama mau minta pulsa
Mama... Mama... 

heits, balik ke topik awal!

Pasti tau dong sama yang satu ini? Ceritanya Si Hatchi ini lebah madu yang terpisah sama ibunya yang katanya ratu lebah.  Setiap episode di film ini isinya nyari Mama terus, isinya sedih-sedihan, nangis-nangisan, penuh air mata. Temen gw pun komen kalo film ini terlalu cengeng :'''. Iya juga sih, soalnya hampir di semua episode pasti ada adegan nangisnya deh. Pukpuk banget si Hatchi ini :'' Tapi tenang aja walaupun sedih begini, akhir cerita kartun ini bahagia kok :D Karena dia berhasil ketemu Mamanya. Horeey XD

Hatchi ngebayangin ketemu Mamanya (plus.google.com)


4. Hagemaru


Hage dan keluarganya, Mama, Papa, dan anjingnya, Pesu/ Elvis

Film ini tentang anak kelas 4 SD, yaitu si Hage, yang merupakan anak tunggal di keluarganya. Orang tuanya ini sangat-sangat irit, bukan irit lagi tapi udah termasuk pelit hahaha. Kepelitan orang tuanya dalam menghemat apapun di keseharian itulah yang jadi plot cerita kartun Tsurupika Hagemaru ini. Gw masih gak ngerti kenapa si Hage ini suka menjulurkan lidah kayak di bawah ini. Mungkin ada yang inget kenapa? hahaha

pose khas Hagemaru, dan quotes-nya adalah: "Hagemaruuu~~ Haaaai!!!" (twicsy.com)


5. Slam Dunk


Slam Dunk ini adalah salah satu kartun bertema olahraga favorit gw. Kartun ini settingnya ada di SMA Shohoku, di mana di sekolah itu ada klub basket tentang klub basket dengan nama yang sama. Tokoh utama di film ini adalah si Sakuragi Hanamichi. Dari yang awalnya bodoh banget main basketnya, sampe akhirnya dia bisa juga jadi pemain yang hebat, walaupun kadang konyol XD Saingan utama si Sakuragi adalah si cowok cool Kaede Rukawa.

ini dia tim Shohoku (cr photo: yamaguchihoshiko.blogspot.com)

Hal lain yang masih gw inget dari kartun ini adalah, Sakuragi ini punya genk konyol macem three idiots. Tapi kalo ini anggotanya ada 5 (udah plus si Sakuragi). Ini dia mereka.

sayangnya lupa nama-nama mereka (cr pict: animetokoh.blogspot.com)
in action! kayaknya three idiots yang terinspirasi dari mereka deh XD (cr animeph.ilippines.com)
Hal lain yang ngingetin dari kartun Slam Dunk ini adalah couch atau pelatih tim Shohoku yang minta dicubit banget ini XD
Gemaaaash wkwk

Hanamichi aja gemes juga XD

Mungkin ada yang masih inget hal-hal lain dari film kartun Slam Dunk ini?


6. Anpanman

Anpanman ini mulanya adalah buku seri bergambar yang dibuat oleh Takashi Yanase dari tahun 1973 sampai 2013 (sampai pembuat cerita ini meninggal dunia hiks). Seperti biasa, dari buku ii akhirnya Anpanman diangkat jadi anime dan tayang di Jepang sana dari tahun 1988, woow! Sama kayak judulnya, tokoh utama dari kartun ini adalah si Anpanman. Ini dia!
dia bisa terbang juga lho 

Kayaknya pembuat cerita Anpanman ini punya ikatan khusus sama dunia kue ya, sampe dibuatin jadi cerita yang isinya berbau kue, roti, cake, dll. Jadi, di setiap episode selalu diceritain kalau Anpanman ini membantu orang-orang di kotanya. Dia juga sering patroli di sekitar rumahnya Uncle Jam (paman selai ?). Anpanman ini adalah simbol penegak keadilan di kota kue. Fyi, kepalanya Anpanman ini terbuat dari roti (bun) yang dibuat sama si Uncle Jam.

Anpanman dan teman-temannya (cr soompi.com)

Ini dia Takashe Yanase, kreator tokoh Anpanman



7. Animaniacs

Nah, kalo yang ini bukan kartun buatan Jepang, tapi Amerika (produksi Warner Bros & Amblin Entertainment). Animasi ini pertama ditayangin tahun 1993-1995. Animaniacs ini puya banyak karakter, di mana masing-masing punya segmen untuk muncul di sesi dengan plot yang beda-beda gitu.


cast film kartun Animaniacs (cr www.toonarific.com)
Yakko,Wakko, dan Dot


8. Minky Momo

Nah, kalo kartun yang satu ini a.k.a Magical Princess Minky Momo ceritanya tentang si Momo (iyalah),  princess dari "Fenarinarsa" (the land of dreams in the sky, katanya wikipedia). Fenarinarsa itu tempatnya peri-peri gitu, di mana lagi terancam krisis di mana katanya bakalan keluar dari orbit bumi dan bisa aja menghilang (mungkin Fenarinarsa itu semacam planet ya) karena rang planetnya Momo udah kehilangan mimpi dan harapan gitu katanya. Oleh karena itu, raja & ratu Fenarinarsa, yang gak lain gak bukan adalah orang tuanya Minky Momo ini ngutus si Momo ke bumi untuk untuk cari bantuan. Akhirnya si Momo pergi ke bumi ditemenin seekor anjing (namanya Sindbook), monyet (Mocha), dan burung (Pipil). Btw gw baru tau nama peliharaannya gegara baca di wikipedia XD semoga gak salah ya. Ini salah satu versi cerita yang gw baca. Ada lagi versi lainnya.

Nah si Momo ini di bumi punya orang tua pemilik petshop gitu. Biasanya setiap episode Minky Momo itu isinya tentang si Momo yang bantuin nyelesein masalah gitu, dan caranya dengan berubah jadi orang dewasa dengan profesi yang beda-beda gitu.



Momo, tongkat ajaibnya, dan 3 hewan peliharaannya yang gemesin :3 (cr: desenelecopilariei.com)


9. Digimon

Tentang monster-monster gitu. gw ga begitu suka nonton



10. Makibao

Tentang kuda kocak & pemiliknya yang sama-sama punya hidung lebar hahaha



11. Ninja Hattori

Si Hattori yang suka nolongin Kenji, dan ada Sinjo (ninja kecil) & Sisimaru (anjing yang suka rakus)



12. Doraemon

Ini adalah kartun yang paling awet karena sampai sekarang pun masih tayang di tivi. Harusnya kayaknya ini ada di nomer atas ya? XD Doraemon juga awalnya dari komik, yang dibuat oleh Fujiko Fujio. Kartun ini berfokus di keidupan kesehariannya Nobita yang kayaknya sering banget susah, entah karena diganggu Giant, atau karena nilaiya jelek, kepengen sesuatu gara-gara Suneo yang tukang pamer, dan lain-lain. Untuk itu, ada Doraemon, robot kucing dari abad ke 22 yang dateng untuk ngebantu Nobita dan ikut tinggal di rumahnya. Pasti udah pada tau lah ya. Dan yang istimewa dari Doraemon ini adalah dia punya kantong ajaib yang isinya adalah alat-alat canggih yang gak kalah ajaib, di mana gw pengen banget minta pintu ke mana saja.

cover komik Doraemon vol. 1 (cr: wikipedia.com)



Udah pada denger kan, ada komik Doraemon versi final alias episode terakhir? Ceritanya bikin terharu, kalo mau baca, silakan liat di sini Doraemon Final Episode (English & Indonesia Version). Oh iya, tahun 2013 kemarin juga ada trailer Film Doraemon versi 3D nya (judulnya adalah Stand by Me), gak tau kapan tayang. Yang mau liat trailernya, cekidot.




13. Atashinchi

Tentang keluarga ajaib yang terdiri dari si ibunya yang aneh dan suka nyanyi "~mawar merah...penuh gairah..." dan bapaknya yang misterius, anaknya namanya Mikan dan Yuzuhiko.




14. Detective Conan
Film ini juga masih awet dan gw suka ceritanya sampe-sampe gw juga pengen jadi detektif kaya si Conan.



15. Creamy Mamy
Tentang anak yang mirip Hannah Montana menurut gw. Karena selain jadi anak biasa, sebenernya dia itu artis (*penyanyi kayaknya)




16. Rocky Rackat
Kucing ajaib yang bisa ngomong sama pemiliknya (*miki). Dia bisa menyulap, tapi biasanya akhir-akhirnya jadi gak beres.




17. Chibi Maruko Chan
Ini juga gw suka ceritanya. Tentang Maruko, anak kelas 3 SD yang punya temen-temen yang unik & keluarga yang gak kalah ajaibnya.




18. Sailor Moon
Kalo liat gambarnya menurut gw karakternya terlalu lebay karena keliatannya sangat-sangat jangkung. Tapi cerita film ini menarik juga kok.




19. P-Man
Pahlawan anak-anak yang pake topeng dan bisa terbang. Si P-Man ini juga punya robot pengganti dia.




20. Mojacko
gw lupa film ini tentang apa

You Might Also Like

6 komentar

  1. keren banget ^^ lengkap , aku suka banget juga sama anime jadul hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah baca :) Samaaa banget, toss! 😁

      Delete
  2. weawww.. dr dulu cari judulnya akhirnya ketemu juga. yaitu athasinci:D:D, film.nya sbentar bgt wktu itu trs ngilang .. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa sayang ya. Itu keluarga super aneh tapi kocak XD

      Delete
  3. Sayang banget sekarang udh gak ada lagi :'(

    Nonton film gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa huhuuu.. kangen marathon kartun waktu SD 😂😂😂

      Delete

Like us on Facebook

Total Pageviews