New Public Space in Jakarta: Monumen Pembebasan Irian Barat (Lapangan Banteng Monas)

19:41:00



Postingan foto seorang arsitek dan instagrammer yang hobi memfoto tempat-tempat menarik di Jakarta berhasil memancing rasa penasaran saya akan hasil renovasi Monumen Pembebasan Irian Barat, kawasan Lapangan Banteng Jakarta. Sekitar sebulan yang lalu, saya dan salah seorang teman berhasil mengunjungi ruang terbuka publik yang belum diresmikan tersebut. Hari ke sepuluh Ramadan, saya berangkat dari rumah sudah hampir tengah hari. Menaiki bus Transjakarta kemudian turun di halte Juanda, setelah sholat zuhur di Masjid Istiqlal saya dan Ines berjalan ke Monumen yang letaknya persis berseberangan dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Kathedral.

Berhubung jalan sekitaran Monas - Medan Merdeka ini luas dan agak tricky (re: salah rute sedikit, harus putar arah yang lumayan jauh), saya pun buka google maps  di HP supaya cepat sampai ke lapangan banteng. Sebenarnya sudah terlihat arah ke lapangan ini, tapi seng-seng yang dipasang disekelilingnya dan juga trotoar yang sedang diperbaiki membuat kami tawaf satu putaran di siang hari yang cukup terik lol. Begitu sampai, kami pun agak ragu apakah taman ini sudah boleh dimasuki. Setelah melewati pos penjaga keamanan pun, ternyata kami tidak ditanya atau dicegah dengan kata-kata "mau ke mana mbak? Belum boleh masuk." Alhamdulillah gak sia-sia keliling satu putaran tadi hahaha.

Sesuai tujuan awal, kami pun langsung latihan ambil foto begitu masuk area taman. Di bagian setengah lingkaran dari taman/ monumen ini ada tempat duduk berundak yang nyaman untuk santai-santai walaupun saat itu cuacanya panas. Semoga pohon-pohon di sekitarnya bisa cepat tumbuh lebat. Kalo cari tempat piknik, jogging, nongkrong di Jakarta yang anti boros, tempat ini bisa jadi salah satu referensinya. Beberapa fasilitas saya lihat belum siap. Mungkin nanti di waktu pembukaan sudah beres semuanya (tempat sholat, toilet, dll). Maafkan untuk foto-foto di bawah ini yang masih sangat amatir. Maklum masih perlu banyak latihan hehehe. Check it out.


Monumen Pembebasan Irian Barat/ Irian Jaya
Alamat:
Kawasan Lapangan Banteng, Jl. Banteng Barat, 
Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, 
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710
Peta (Google Maps): 






Info: katanya bakalan ada pertunjukkan air mancur dengan lighting kayak yang ada di Monas, ditunggu aja~



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews