Review Buku yang Wajib Baca

20:57:00


Nah, ini dia buku yang baru-baru ini gw baca. Nama buku ini negeri 5 menara. Menurut gw buku ini sangat inspiratif. Buku ini bercerita tentang seseorang bernama Alif Fikri, anak asli Sumatera Barat, khususnya tepi Danau Maninjau. Setamat Madrasah (SMP), Alif ingin melanjutkan pendidikan ke SMA bersama kawannya, Randai. Namun keadaan berkata lain. Ibu Alif menginginkannya melanjutkan ke sekolah agama. Akhirnya pilihannya jatuh di Pondok Madani. Sebuah sekolah asrama khusus laki-laki yang banyak mengajarkan hal-hal yang membuka mata Alif. Lewat wejangan sang ustad "man jadda wajada", Alif sukses menempuh pendidikan di PM selama 3 tahun. Banyak hal yang diajarkan oleh para ustad di pondok tersebut, slah satunya keikhlasan.

Di PM, Alif bertemu teman-teman sejatinya. Perbedaan latar belakang daerah asal masing-masing dan seiringnya kebersamaan mempersatukan keenam Shahibul Menara --Alif, Raja, Baso, Dulmajid, Said, dan Atang-- untuk bersama-sama meraih mimpi.

Buku ini banyak membuka mata saya terhadap sistem pendidikan pesantren yang selama ini kita tahu setiap hari kerjaannya hanya membaca Al Quran dan belajar Islam saja. Pondok Madani tidak hanya memberi pelajaran keagamaan, tetapi di sinilah apa pun bakat kita dapat tersalurkan. Selain itu, PM menanamkan siswanya untuk berbahasa Arab dan Inggris dalam sehari-hari.

Ada quotes yang paling berkesan di dalam buku ini:

"Man Jadda Wajada"
artinya adalah 'siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil'.  Ya, di mana ada kemauan di situ akan selalu ada jalan. Allah tahu siapa yang sudah berusaha dengan sebaik-baiknya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews