Taean Tulip Festival 2018: Long Journey but Worth A Visit

22:00:00

Perjalanan yang singkat selama 7 hari, dengan estimasi bisa pergi ke kota lain (Busan) membuat saya harus pintar memilah lokasi yang ingin dikunjungi selama trip ke Korea. Awalnya, ada hari di mana saya dan Tami berencana menghabiskan waktu seharian di Gapyeong (marathon dari Nami Island -  Petite France - Garden of Morning Calm yang lokasinya berdekatan). Ada satu lokasi festival bunga tulip, tapi lokasinya di selatan - barat daya Seoul (sekitar 2 jam perjalanan). Awalnya tempat ini diskip karena kami lebih memilih untuk bisa pergi ke banyak tempat di satu hari. Tapi, di saat terakhir menjelang berangkat, saya nemu tulisan yang berisi foto-foto bagus dari blog orang di sini. Pertama, kami sempat membuat rencana untuk ke Nami di pagi harinya, dan ke Taean dari siang sampai sore (kalau perlu malam, karena katanya ada Light Festival di tempat yang sama). Pada akhirnya, karena kita pikir Nami akan lebih bagus di musim gugur (dan karena sudah terlalu mainstream), dan biarlah dia jadi bucket list untuk trip Korea berikutnya (aamiin), akhirnya kami memutuskan untuk ngeplot 1 hari penuh di Taean. Apa sih yang mau dilihat? Meskipun diterpa angin yang gak nyantai dan masih terasa dingin untuk anak tropis macam awak, satu hal yang bisa saya bilang untuk Taean Tulip Festival ini: bagus bangettt!!! 
(*Maafkan karena setelah ini bahasa yang digunakan campur aduk)




Taean Tulip Festival/ Korea Flower Park
Alamat/ Address (type it on google maps to find the location):
태안튤립축제
400 Kkotjihaean-ro, Anmyeon-eup, Taean-gun, Chungcheongnam-do, South Korea
Festival Period: 2018. 4. 19(Thur) ~ 5. 13(Sun) 25 days
Admission Fees: KRW 10,000

Direction (if you want to ask the locals, based on my experience, it's near the beach too): 
Kkotji Shoreline Park/ 꽃지해안공원
3114 Seungeon-ri, Anmyeon-eup, Taean-gun, Chungcheongnam-do, South Korea

Another info:
Autumn Flower Festival Period: 2018. 9. 20(Thur) ~ 10. 3(Wed) 14 days
Lighting Festival: All year round

Taean Tulip Festival entry gate (Pintu masuk Taean Tulip Festival)
Inside the flower park
Sebelum ke Taean, kami sempat mampir ke supermarket dekat airbnb untuk beli perbekalan makanan di perjalanan dan di festival tulip nanti. Pilihannya yang aman-aman aja, yaitu buah dan telur wkwk. Dari airbnb kami berangkat sekitar jam setengah 10. Dari sana, kami naik bus ke Seoul Nambu Bus Terminal. Kocaknya, waktu turun bus kami bingung, di mana terminalnya? Karena gak terlihat dari halte bus. Setelah nanya seorang oppa di jalan, ternyata halte busnya tinggal jalan lurus sedikit dan belok kanan lol. Terminal busnya tertutup dinding tinggi dan tanaman rambat, jelas saja gak terlihat bagi kami yang baru pertama kali ke Seoul ini.

Setelah berhasil beli tiket bus tujuan Taean di loket bus, kami pun sempat jajan minuman di convenience store terminal Nambu dan roti yang super yummy. Seperti terminal bus express ke Busan, terminal bus Nambu ini juga nyaman dan fasilitasnya sudah sangat memadai. Kalau saja ada banyak waktu (dan uang tentunya) yang tersedia, berkeliling Korea dengan bus sangatlah mudah karena integrasi dengan jenis moda transportasi lain pun sudah baik. Ibaratnya, di terminal ini seperti sedang di travel C*paganti dengan versi lebih besar dan layanan antar kota yang lebih luas. Tinggal datang, beli tiket, tunggu jadwal keberangkatan, naik bus, sampai ke tujuan.

Our snacks from supermarket near airbnb (Cemilan piknik~ terlihat sehat wkwk. Padahal karena bingung mau beli apa di supermarket deket airbnb)

How to get there?
From our airbnb in Hongdae area, we take bus to Seoul Nambu Bus Terminal. And then, we take intercity bus to Taean (it costs KRW 9,000). It takes about 2.5 - 3 hours to Taean bus terminal. After that, we still need to take a bus for 1 hour to Taean Tulip Festival/ Kkotji (it costs around KRW 2,000). And here is the bus schedule from Taean Tulip Festival bus station.
This bus arrival schedule at Kkotji/ Taean Tulip Festival might be helpful (route: Kkotji - Taean Bus Terminal)
Please be aware of the last bus departure from Tulip Festival to Taean Bus Terminal, because the last bus from Taean Tulip Festival bus station is around 18:20 KST. Unfortunately, we can't catch the last bus so we take taxi which costs (almost) KRW 40,000 T.T

And here are the bunch of pretty flowers I've seen there. It's super worthed guys~ 
(*If you still have enough time, you can also visit the beach in front of the festival venue)
Finally, we got to see cherry blossom~ (Alhamdulillah masih nemu cherry blossom jenis Kanzan di sini, setelah sebelumnya gak nemu satupun di Busan ataupun Seoul)



Puppies~

Canola

Cherry blossom (kanzan)



Inside the green house








You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews