Pucuk Rebung Lamp

13:28:00

Alhamdulillah saya dikelilingi teman-teman yang suportif, positif, dan produktif banget. Salah duanya (?), Ame dan Oma. Teman saya dalam ngelakuin banyak hal semenjak ngampus dulu. Baru kenalan pas antri padus waktu maba, seketika entah kenapa jadi sering main dan jalan random sama Eep dkk juga. Bareng organisasi di IMA (bidang pendidikan). Bareng setim waktu bikin paper dan ikut Arcasia 2012. Sampe setim buat ikutan lomba dan project-project lainnya. Misalnya, Lomba Inovasi Produk Enjinia Nusantara di tahun 2014 (LIPEN), dan Palapa Project yang diselenggarain PPI UK. Banyak banget hal yang udah saya lakuin bareng dua orang ini. Yang terakhir, kita pun ngebikin bisnis kecil-kecilan berbasis home product + traditional craft bernama Akaruma, dengan tagline-nya: Karena cerita berawal dari rumah. Hiyahaha... Walaupun lagi agak vakum, tapi perlahan saya yakin Akaruma masih punya banyak potensi untuk dikembangin. AAMIIN!

Saya mau ceritain produk yang membuat Akaruma lahir: Pucuk Rebung. Tahun 2013, temen sejurusan saya ada yang ikut Palapa Project. Produknya lolos 30 besar dan berkesempatan untuk dipamerkan di London waktu itu. Dia juga sempat ikut workshop yang diadain sama panitianya. Sungguh beruntung. Saya waktu itu gak sempat ikutan lombanya. Makanya, 2 tahun kemudian begitu ada lagi kompetisinya (kebetulan tahun 2015 diselenggarain di Glasgow) saya dan Ame Oma ikutan. Bermodal status saya & Oma yang waktu itu masih mahasiswa, kita pun mulai ngonsep produk yang mau kita buat.

Berhubung Palapa Project ini sangat bertema ke-Indonesia-an, dan bertempat di Eropa (tepatnya UK), kita pun cari ide kira-kira produk seperti apa yang mau didesain. Ada 3 kategori yang dilombakan (produk fashion, lighting, & kitchenware). Yang paling memungkinkan adalah lighting. Setelah proses eksplorasi dan desain, akhirnya kita memutuskan untuk ngebuat ini: Pucuk Rebung Lamp! Alhamdulillah masuk 30 besar dan dipamerkan di Lighthouse, Glasgow UK (meskipun dengan segala kekurangan & keamatiran dalam produknya karena kita pun masih belajar hehee).

Ini dia produknya.



Pucuk Rebung Lamp, gabungan motif batik Betawi (pucuk rebung) dan teknik kerajinan tradisional Eropa (tapestry)


Warna merah dan kuning sengaja dipilih karena merepresentasikan warna-warna cerah khas kesenian Betawi
proses pembuataan kerja sama dengan tukang kayu lokal



Salah satu pengunjung waktu Pucuk Rebung Lamp dipamerkan di Lighthouse, Glasgow, UK

in a closer look

Hasil join kompetisi ini, mulai Desember 2015 secara resmi kita bertiga mulai ngebuat brand sendiri (Akaruma). Belum banyak progress berarti, tapi semoga dalam waktu dekat kita bisa mulai produktif lagi :)





You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews