Day #14: Kuliner Unik Di Setu Babakan (Srengseng Sawah, Jakarta Selatan) #NulisRandom2015

06:33:00

Hari ini saya ada agenda project lomba bareng Ame dan Oma lagi. Paginya, kita kumpul dulu di rumah Ame. Barulah sekitar jam 11 kita jalan ke Setu Babakan yang letaknya gak jauh dari rumah Ame.


Ini dia Setu Babakan

Keluar dari jalan pintas, langsung ada deretan warung yang ngejual berbagai macam makanan. Di depannya, ada setu (semacam danau) yang luas dan banyak orang duduk-duduk, main bebek-bebekan yang mengapung di air, atau sekadar jalan dan jajan. Karena ini hari Minggu, Setu Babakan kondisinya rame banget. Jalan di area Setu Babakan ini dibuat mengitari danau, dan di seberang ada tempat yang biasa dipake untuk latihan menari, pentas musik Betawi, lenong, dan lainnya.

Saya, Ame, dan Oma jalan ke arah tempat pementasan yang sering banget rame itu. Kita jalan nyusurin jalan yang bentuknya ngelingkarin danau. Di sana kita sempet diskusi dan fotoin detail-detail bangunan unik yang kira-kira bisa dipake untuk desain produk yang bakal kita buat untuk ikut Palapa Project

Salah satu detail ornamen bangunan Betawi di Setu Babakan yang saya foto

Waktu kita dateng, anak-anak dan remaja perempuan lagi latihan tari Betawi di atas panggung. Setelah keliling dan karena udah laper, akhirnya kita sepakat untuk cari makan. Di perjalanan, kita sempet datengin salah satu toko souvenir yang ngejual miniatur ondel-ondel dengan berbagai ukuran. Abis itu, kita cari tempat makan yang kira-kira enak. Tiba-tiba, kita ngeliat banner nyempil di antara kios penjual pakaian dan gerobak tahu gejrot yang bikin kita tertarik. Tadinya saya mau pesen nasi uduk ayam bakar aja (yang udah mainstream), tapi penjualnya tiba-tiba tanya. Gak mau coba yang gak biasa nih? Kalo mau sih ada bubur yang rasanya ajaib, namanya bubur ase (asinan semur encer). Yaudah akhirnya saya, Oma, dan Ame nyobain bubur itu dan beli es kelapa dari warung sebelahnya XD

Ternyata si Babe penjual bubur ini sempet ikut kontes masak, dan dia menang hadiah 10 juta (saya liat di spanduknya) dengan masakan bubur ase-nya ini. Rasanya emang enak sih kalo menurut saya. Buburnya gak cair, ada kuah semur, dan ada rasa asam gitu dari asinannya (ada wortel dan togenya gitu). Kita bisa dapetin rasanya kalo bubur ini diaduk, kata si Babe. Si Babe ini punya niat baik untuk ngembangin kuliner Indonesia, khususnya Betawi, untuk lebih dikenal dan gak hilang. Buktinya, waktu cari tau resep bubur ase ini gak banyak orang tau kalo ada nama bubur ini (bahkan orang Betawinya sendiri). Beliau juga sering ketemu orang dari Kementerian Pariwisata dan berbincang soal kuliner. Beliau juga pernah join festival kuliner dan ada seniman Betawi terkenal yang sampe nambah jadi beli 2 untuk dimakan sendiri XD Kalo aja ada modal berlebih, dan ada yang ngebantu. Khususnya anak-anak muda. Itu yang beliau bilang ke kita waktu ngobrol-ngobrol sekitar 1 jam. Kalo udah lulus cepet kerja, trus nanti uangnya bisa untuk buka usaha apa aja. Begitu kata Babe, yang bikin saya gemes pengen banget cepet-cepet buka usaha apapun. Babe ini luar biasa. Saya tau kalo ini tinggal masalah waktu aja. Mudah-mudahan sedikit lagi bisnis kulinernya bisa sukses dan bubur ase-nya bisa booming. Silakan yang mau coba kuliner baru, datang aja ke Setu Babakan khususnya Sabtu Minggu, karena kalo weekdays kadang warung si Babe ini gak buka. Tempatnya ada di dekat area panggung pentas di Setu Babakan (sebelumnya).


Menu makanan yang ada di warung Babe di Setu Babakan


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews