Day #16: Betapa Saya Diingatkan untuk Tetap Bermimpi #NulisRandom2015

04:50:00

Rasanya belum afdol kalo belum diceritain di blog ini. Bulan Februari 2015 ini, alhamdulillah akhirnya saya wisuda dan sudah sah dinyatakan lulus dari UI. Namanya mahasiswa baru lulus, pasti banyak banget hal yang ada di kepala begitu lulus. Entah mau langsung kerja, liburan, atau bahkan cari sekolah lagi untuk S2. Saya sepakat untuk ambil liburan dulu, dan akhirnya jadi juga backpacker-an selama seminggu ke negara tetangga. Untuk kerja dalam bidang desain, selain CV, saya juga butuh nyiapin portfolio yang isinya adalah hasil karya atau desain yang saya buat semasa kuliah atau di luar itu. Sebenernya saya pun masih pikir-pikir, mau kerja di biro nih? Atau di tempat lain yang lebih sesuai passion? Hmm.. rasanya idealisme dan realitas saling tubruk. Akhir tahun 2014, saya juga sempat ikut les IELTS preparation, tapi belum berani untuk ambil tes aslinya. Kalo udah kerja, nanti mungkin gak punya banyak waktu untuk improve IELTS. Sebelum wisuda, akhir Januari bahkan saya udah putusin mau ke kampung inggris abis lulus nanti dan udah bilang Vania juga kalo mau ikut ke sana. Akhirnya saya putusin untuk ke kampung inggris dulu setelah lulus.

Maret adalah waktu yang saya pilih untuk berangkat ke Pare (Kediri, Jawa Timur), tempat di mana kampung inggris berada. Tapi sayangnya, dari Februari akhir bahkan sampai menjelang hari keberangkatan, kondisi badan saya kurang sehat. 

Akhirnya saya jadi berangkat ke Pare di bulan April. Tanggal 9 April sore, saya agak telat berangkat ke stasiun dan agak stress karena di jalan macet :/ Untungnya keretanya masih belum berangkat begitu saya nyampe Stasiun Senen. Alhamdulillah...

Selama sekitar 12 jam, akhirnya saya sampe juga di stasiun Kediri. Ternyata di luar stasiun ini banyak banget yang nawarin segala jenis transportasi. Akhirnya saya naik becak dulu sampe di depan kantor pos kediri & abis itu lanjut naik angkot sampe ke kampung inggris. Karena satu dan lain hal, angkotnya nurunin saya gak sampe tempat kursus saya (TEST English School). Yaudahlah akhirnya ngebecak lagi :/

Alhamdulillah akhirnya sampe juga di TEST dan ketemu Vania. Setelah registrasi beres, saya langsung ke camp-nya (semacam rumah kost) yang ada di kiri TEST.

Kelas dimulai jam setengah 6 pagi, dan karena ini saya jadi rajin bangun awal bahkan bisa dari jam setangah 4 pagi (rekor hahaha). Di Minggu pertama, ada kelas memorizing di mana saya sangat payah akan hal ini waktu disuruh menghafal dialog. Hasilnya adalah improvisasi dengan banyak paraphrasing kata atau berakhir dengan mendapat hukuman XD Saya jadi termotivasi di hari berikutnya, pokoknya bagaimanapun kalo bisa jangan sampe dapat hukuman lagi hahaha

Setelah memoeizing, kita bakalan scoring, yaitu latihan soal IELTS dari modul dan setelah itu dikoreksi bareng-bareng. Nilai setiap anak bakalan disebutin dan disimpan dalam file excel, jadi saya harus siap-siap harus bermuka tebel kalo nilainya jelek XD

Grafik nilai saya selama di sini fluktuatif, naik turun gak menentu. Tapi pada akhirnya di akhir bulan April ini saya nekat daftar IELTS di British Council Jakarta. Mungkin setelah daftar nanti semangat saya jadi lebih terpacu, begitulah yang ada di pikiran saya waktu itu.

Tinggal di Pare sekitar 1,5 bulan mempertemukan saya dengan berbagai orang-orang hebat. Semangat saya pun jadi muncul lagi, terutama soal S2 dan beasiswa. Ada lumayan banyak orang-orang di sini, baik itu pengajar ataupun teman satu program, yang sudah mengantongi LOA (Letter of Acceptance) universitas di dalam dan di luar negeri dan juga sudah berpredikat sebagai LPDP awardee. Hampir semua teman satu program yang sudah berpredikat itu saya ajak ngobrol dan tanyain satu-persatu. Semoga bisa cepet menular ya Allah :"D Kalau niat, pasti bakalan ada jalan. Itu intinya yang saya dapat dari cerita teman-teman di sini.

Minggu ke tiga di TEST ini jadi salah satu momen yang paling saya kangenin di sini. Senang karena saya dan teman-teman semakin kompak dan dekat, dan sedih karena program les di sini udah mau selesai. Artinya banyak yang akan segera pulang ke rumahnya masing-masing. Saya senang banget bisa ketemu teman-teman dari berbagai wilayah di Indonesia, dari berbagai universitas, dengan latar belakang bidang pendidikan yang berbeda, tapi kita semua punya tujuan yang sama. Di Minggu ke tiga ini Mizu Fuad minta ke kita untuk mendekorasi ulang ruangan kelas, and I love how we spent our time together and everybody gave their contribution. Thanks to all of you, even you came to help me when I didn't ask for it. I'm so touched. Duh jadi baper begini hahaha.

Rasanya kayak menemukan keluarga baru di sini. Ada roommate saya, Farida yang bisa 16 bahasa, dan juga Sonia yang kemampuan speaking-nya bagus. Saya kangen cerita-cerita random sama Farida dan denger curhatan Sonia sama seseorang hehehe. Ada lagi tetangga kamar, Mama Farisa yang ternyata sesama anak ars. Mama yang cantik ini ibadahnya rajin banget. Doakan aku bisa nyusul ke UK ya Ma! Ada lagi Azizah yang ternyata asik juga diajak curhat. Abil yang paling muda dan selalu ceria di mana-mana, sukses yaa Bil kuliahnya di Belanda! Atau masih bingung jadi mau ke UK? Gita, karena kejadian sepeda waktu itu kita malah jadi lebih deket. Sekarang kalo diinget jadi bikin ketawa sendiri hahaha... Ada Ipat, Linda, Emma, Upan, Riki, San Paris, yang udah jadi awardee LPDP waktu datang ke Pare. Makasih banyak untuk sharing-nya dan tips-tipsnya. Ada Broto, chief atau ketua kelas kita yang dedikasinya luar biasa. Baru kali ini nemu ketua kelas yang super rajin, bangun subuh dan nyiapin meja-meja dan peralatan yang bakalan dipake untuk scoring di kelas. Profesor, yang dipanggil kayak begitu karena emang sering dapet skor bagus waktu scoring dan ternyata jago gambar (saya aja kalah hehe). Angga, yang super keren udah keliling ke beberapa negara untuk promosiin kopi Indonesia dan hal lainnya. Mudah-mudahan bisa nular ke saya, terutama di bagian ke London dan King's Cross Station hahaha. Cacing, orang paling absurd tapi ternyata speaking-nya jago! Daeng, kembaran botaknya Cacing, yang sering dapet skor reading tertinggi di kelas dan nilainya stabil. Ternyata dia udah hobi baca buku dari kecil. Keren lah! Dimas yang tiba-tiba curhat suka sama tetangga kamar saya. Akira yang ternyata jago dalam hal ngerenovasi ruang dan jago listening reading. Bocil yang sering nanya-nanya dan kadang nyebelin hahaha. Mudah-mudahan dapet PTN yang dipengenin ya, Cil! Pak Haji yang ternyata dari Gontor dan seniornya Bocil, tapi passion banget kalo nge-dance Roly Poly dan India-an XD Abe yang tau aja panggilan saya Piter dan jadi ikut-ikutan panggil itu hahaa. Kafa yang kocak kalo udah ketemu Abil. Farid yang kayaknya bakat banget jadi politikus dari gaya ngomongnya. Bahary, yang taunya mau nikah bulan Agustus. Alex, temen yang asik diajak ngobrol. Zaki, yang ternyata kalo lagi serius bisa tiba-tiba bercanda. Bang Jupri, yang ternyata pernah kerja 4 tahun di Jepang. Sukses kerjanya di Australi ya, bang! Dan Heru, yang pulang di tengah program dan sempet ngobrol tentang desain produk.

Di kelas saya, IELTS batch April, rasanya udah kayak keluarga beneran. Ada yang panggilannya Mama, Umi, Abi, Om, Aunty, Pak'e, Pak Lurah, Pak Haji, 'Nak Abil, Bocil, Budhe, dan lain-lain. Yaampun jadi kangen. See you on top guys! 

Well, this is us...



Setelah selesai ngedekor kelas dengan ngecat-ngecat dinding di hari pertama

Dan ini video yang dibuat sama Angga dan Gita. Kalo liat ini jadi tambah kangen wehehee...


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews