Day #2: The 7 Things You Should Do After You Graduate And Before You Join The Real World #NulisRandom2015

23:35:00

photo cr: the owner
Saya pernah nemu artikel tentang hal apa yang bisa dilakukan sehabis lulus kuliah dan sebelum mulai terjun di dunia kerja. Ini dia yang kira-kira bisa ngebantu di saat masih bingung begitu baru lulus kuliah.

1. Travel
Saya setuju sama yang satu ini. Karena dengan melakukan suatu perjalanan, pikiran kita akan ter-refresh kembali. Yang tadinya kita jenuh dengan segala hal yang ada di perkuliahan, dan ngerasa gak mau terjun bidang itu lagi di dunia kerja, bisa aja balik minat lagi di bidang itu karena jenuhnya ilang. Atau mungkin di perjalanan waktu travelling itu kita nemuin bidang baru yang bener-bener sesuai passion. Mudah-mudahan gak sesaat dan pelarian doang sih. Makanya tips berikutnya penting juga nih.

2. Learn a skill you have never attempted before
Bisa aja kita udah sadar kalo pas kuliah jurusan kita A, tapi kita dapet skill B dan kita lebih ngerasa passion di situ. Begitu lulus kuliah bisa banget nih si skill B ini kita coba pelajari lebih dalam, kali aja ternyata emang jalannya di sini. Kayak saya, belajar arsitektur interior dapet banyak skill craftmanship. Saya ngerasa lebih enjoy dalam hal ini malah. Pengennya tetap lanjut ke bidang desain yang banyak melibatkan craft. Apa ya enaknya? Desain produk? Furniture? Hmm...

3. Volunteer
Ini juga ngebantu. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat jadi sukarelawan di salah satu Yayasan. Di sana saya sempat cari tahu tentang NGO (Non-Governmental Organization) dan kira-kira kalau saya kerja di sana bisa gak sih kuliah saya yang di bidang desain itu gak terbuang sia-sia? Banyak kan freshgraduate yang idealismenya tinggi, dan ngerasa kalau NGO ini tempat yang tepat untuk kerja dalam beberapa alasan. Dari hasil ngobrol-ngobrol, ilmu kita di masa kuliah bisa kok gak terbuang sia-sia, asalkan kita ngelamar untuk posisi yang sesuai dengan jurusan kuliah. Kalau untuk saya, ya paling nggak masih ada kaitannya dengan hal yang berbau desain.

4. Go through the process of starting some business
Ini salah satu hal yang pengen banget saya lakukan. Bisnis dan membuka lapangan kerja dengan ngebikin produk kreatif entah apa lah itu dan punya brand sendiri. Semoga bisa terlaksana dalam waktu dekat aamiin...

5. Stop seeking answers, start asking questions
Yang ini sebenernya saya agak bingung. Mungkin maksudnya kita harus lebih kritis tentang segala sesuatu.

6. Start investing in your health if you haven't already
Nah ini penting nih. Mulai terapkan hidup sehat, dari yang paling sederhana. Misalnya makan makanan sehat, banyak makan sayur dan buah, perbanyak olahraga walaupun yang ringan-ringan, istirahat yang cukup, banyak minum air putih insyaAllah bisa jadi awal hidup sehat yang berguna untuk hidup kita bertahun-tahun ke depan.

7. In every sense of the word, experiment
Eksperimen. Coba segala hal baru, yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Biasanya hal-hal yang gak terduga bakalan muncul.

Semoga tips ini bisa berguna ya! :D Maaf kalo kata-kata deskripsinya ada yang gak beres XD

(Repost from a web)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Total Pageviews